Penulis: Dandun Kusuma

Mengenal 10 Malaikat dan Tugasnya dalam Perspektif Islam

Salah satu upaya untuk meningkatkan iman dan taqwa.

the Monkey Times – Di dalam Al Quran, para pembacanya bisa menemukan nama malaikat Jibril termaktub di dalamnya dan disaksikan oleh para Nabi dan Rasul. Salah satu ayat yang menyebut Jibril bisa kita temukan di Surat Asy Syura ayat 193.

نَزَلَ بِهِ ٱلرُّوحُ ٱلْأَمِينُ

Latin: Nazala bihir-rụḥul-amīn.

Artinya: Dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril),

Malaikat Jibril merupakan salah satu Malaikat yang mempunyai tugas penting dalam roda kehidupan manusia. Namun dalam perspektif agama Islam, Jibril bukan satu-satunya malaikat Allah.

Hakikat Malaikat: tidak sama dengan manusia

Mengutip artikel NU Online berjudul Iman kepada Allah dan Malaikat, manusia tidak diwajibkan mengetahui hakikat dzat malaikat. Namun sebagai makhluk, malaikat tidak sama dengan manusia, baik dalam hal sifat maupun pekerjaannya. Malaikat tidak makan, tidak pula minum, dan tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Walhasil keberadaan malaikat Allah wajib diamini oleh setiap muslim. Karena itulah kita-kita yang dididik agama sejak kecil diajari bahwa iman kepada malaikat merupakan satu dari wujud rukun iman.

Ciri-ciri Malaikat

Sebelum kita mengupas lebih jauh tentang tugas – tugas malaikat sepuluh tersebut, alangkah baiknya kita simak dan bahas ciri – ciri Malaikat makhluk yang baik nan indah tersebut :

  1. Tidak ada Malaikat yang tidak Berukuran Besar

Dalam riwayat hadits Abu Dawud : Abu Dawud meriwayatkan dari Jabir bin Abdullah tentang besarnya ukuran malaikat yang diceritakan oleh Rasulullah Saw. Beliau bersabda : “Aku diijinkan untuk menceritakan tentang salah satu malaikat penyangga Arsy. Jarak antara daun telinga dan pundaknya adalah perjalanan tujuh ratus tahun.

  1. Bersayap

Malaikat mempunyai sayap yang berjumlah dua, empat atau bahkan ratusan seperti yang dipunyai Malaikat Jibril, salah satu riwayat terekam dalam hadits riwayat Imam Ahmad: Ibnu Mas’ud berkata : “Rasulullah pernah melihat Jibril dalam wujud aslinya.

Jibril memiliki enam ratus sayap dan setiap satu sayap mampu menutupi cakrawala. Berkenaan dengan hal itu, Allah berfirman dalam surat An-Najm ayat 10:

فَأَوْحَىٰ إِلَىٰ عَبْدِهِ مَا أَوْحَىٰ

Yang artinya : Lalu dia menyampaikan kepada hamba-Nya (Muhammad) apa yang telah Allah wahyukan (QS. An-Najm :10).

Dalam tafsir Jalalain, ayat tersebut dimaknai dengan cara: “(Lalu Dia menyampaikan) yakni Allah swt. (kepada hamba-Nya) yaitu malaikat Jibril (apa yang telah diwahyukan)-Nya kepada malaikat Jibril untuk disampaikan kepada Nabi saw. Di sini yang mewahyukan tidak disebutkan karena mengagungkan kedudukan-Nya.”

  1. Jumlahnya banyak

Prof. Quraish Shihab dalam nukilan di bukunya yang berjudul Yang Halus dan Tak Terlihat: Malaikat dalam Al-Qur’an (2013) menulis ihwal jumlah malaikat yang tidak terhitung dan hanya Allah yang mengetahuinya secara pasti.

Namun sejumlah hadits shahih memberikan gambaran tentang jumlah malaikat, misalnya seperti yang diriwayatkan Imam Bukhori dan Muslim berikut ini:

“Neraka Jahannam pada hari kiamat memiliki tujuh puluh ribu kendali, setiap kendali ditarik oleh tujuh puluh ribu malaikat.” (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain Imam Bukhori meriwayatkan kisah ketika Nabi Muhammad SAW bertanya kepada Jibril perihal Baitul Ma’mur. Dikisahkan malaikat penyampai wahyu itu menjawab pertanyaan Nabi dengan redaksi sebagai berikut:

Ini adalah Baitul Ma’mur. Setiap hari tujuh puluh ribu malaikat shalat di sana dan yang telah shalat tidak lagi kembali sesudahnya.” (HR. Bukhori)

Mengacu pada keterangan di atas, keberadaan malaikat memang tidak terhitung jumlahnya, namun orang yang beriman wajib percaya kepada malaikat dengan 10 nama sebagai berikut.

10 Nama Malaikat dan Tugasnya

  1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril merupakan Malaikat yang utama yaitu menyampaikan wahyu atas ijin Allah Swt kepada para Rasul Allah Swt, meniupkan ruh pada setiap janin yang ada di tubuh manusia.

Selain itu juga membawa rahmat, ditujukan bagi manusia yang senantiasa menjaga kesucian ketika tiba sakaratul maut.

  1. Malaikat Mikail

Tugas Malaikat Mikail ialah memberi rizki kepada makhluk di dunia, seluruh makhluk di dunia diberikan rezekinya dari Allah Swt melalui Malaikat Mikail, dan juga mengatur tanaman, hujan serta angin semua hal tersebut di tangan kendali Malaikat Mikail atas ijin Allah Swt.

  1. Malaikat Israfil

Tugas Malaikat Israfil adalah meniup sangkakala ketika hari kiamat terjadi atas perintah Allah Swt.

Malaikat Israfil ini beberapa kali meniupkan sangkakala, pada tiupan pertama seluruh makhluk hidup akan mati semua, setelah tiupan tersebut Malaikat Israfil dihidupkan kembali kemudian diperintahkan lagi oleh Allah Swt untuk meniupkan sangkakala pada waktu yang kedua kalinya dan disitulah seluruh makhluk hidup bangkit dari kematian, untuk itu dinamakan Hari Kebangkitan. 

  1. Malaikat Izrail

Tugas Malaikat Izrail adalah mencabut nyawa makhluk yang memiliki nyawa. Atas perintah dan Ijin dari Allah Swt Malaikat Izrail dapat membinasakan apa pun.

  1. Malaikat Munkar

Tugas Malaikat Munkar adalah mendatangi manusia yang sudah meninggal dalam wujud yang menyeramkan dan menanyai manusia yang berbuat keburukan selama hidupnya.

Apabila pertanyaan yang diberikan gagal, manusia tersebut akan dihancurkan, lalu dihidupkan lagi kemudian dihancurkan lagi ketika tidak mampu menjawab sampai hari kebangkitan.

  1. Malaikat Nakir

Tugas Malaikat Nakir itu berbanding terbalik dengan Malaikat Munkar, Ia akan mendatangi manusia yang selama hidupnya sudah berbuat baik dan dalam perwujudan yang indah dan enak dipandang, jika didatangi Malaikat Nakir maka manusia tersebut dikatakan akan masuk surga.

  1. Malaikat Raqib

Tugas Malaikat Raqib adalah mencatat amalan baik manusia selama hidupnya, sekecil apapun kebaikan tersebut.

  1. Malaikat Atid

Tugas Malaikat Atid adalah kebalikan dari tugas Malaikat Raqib yakni mencatat amalan buruk manusia selama hidupnya, sekecil apapun keburukan tersebut.

  1. Malaikat Malik

Malaikat Malik adalah makhluk yang ditugaskan menjaga pintu neraka, yang merupakan tempat bagi orang-orang yang melanggar perintah Allah Swt dan mereka yang tidak beriman kepada Allah Swt.

  1. Malaikat Ridwan

Malaikat yang terakhir yang wajib kita ketahui adalah Malaikat Ridwan yang bertugas menjaga pintu surga bagi orang – orang yang beriman, melakukan amalan baik serta mengikuti perintah dan larangan Allah Swt yang nanti akan ditempatkan di Surga Allah Swt.

Demikian nama – nama 10 Malaikat dan tugasnya dalam perspektif Islam yang wajib kita ketahui, marilah kita berbuat kebaikan selagi kita masih diberikan kehidupan oleh Allah Swt.