Wanita Harus Tahu! Inilah Daftar Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Haid

Daging merah menjadi salah satu jenis makanan yang tidak boleh dimakan saat haid.


makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat Haid

Salah satu jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat haid. (Foto : Dapa Images lewat Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Sebagian wanita mungkin sering mengalami kenaikan nafsu makan menjelang haid. Namun perlu diketahui bahwa kamu harus berhati-hati dalam memilih makanan supaya PMS tidak semakin parah.

Memang ada beberapa jenis makanan tertentu yang sebaiknya dibatasi atau dihindari supaya saat haid Anda tidak merasa kembung, sakit, ataupun nyeri.

Menjelang haid bukan hanya nafsu makan yang tidak terkontrol, tapi pola makan juga bisa berubah signifikan.

Tidak sedikit kaum hawa yang mengeluhkan ketidaknyamanan menjelang periode datang bulan seperti pegal-pegal, kram, sakit kepala, dan ketidaknyamanan lainnya yang umum terjadi.

Ada yang mengatakan bahwa keluhan tersebut dapat diredakan dengan beberapa makanan. Sementara itu juga ada makanan dan buah yang tidak boleh dimakan ketika haid.

Supaya lebih jelas lagi, berikut kami rangkum beberapa makanan dan minuman yang dilarang saat haid sehingga Anda dapat menghindarinya.

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Haid

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi menjelang atau pada masa haid adalah junk food atau makanan cepat saji.

Meskipun rasanya lezat di lidah, junk food cenderung tinggi garam dan kalori, sangat tidak baik untuk kesehatan karena nutrisinya juga rendah.

Selain makanan ini, masih ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan ketika haid. Diantaranya yakni:

Kafein

Hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein menjelang atau sedang haid.

Ini karena kandungan ini dapat membuat kamu kesulitan tidur (insomnia), memicu perasaan cemas serta gelisah.

Semua hal ini tentu membuat perasaan ingin makan lebih banyak lagi, dan bisa mengubah mood menjadi jelek.

Bukan hanya itu saja, kafein yang dikonsumsi juga dapat menyebabkan sakit maag. Ini karena kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi asam lambung, sehingga berpotensi menambah ketidaknyamanan selama periode datang bulan.

Beberapa contoh minuman yang mengandung kafein diantaranya ada kopi, es krim coklat, minuman berenergi, minuman bersoda, teh, dan sebagainya.

Makanan Tinggi Garam

Mengkonsumsi makanan yang tinggi garam bisa menyebabkan penumpukan cairan atau retensi di pembuluh darah. Nah, inilah yang membuat kaum hawa sering merasa kembung.

Baca Juga:  Cara Menghitung Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Selama Diet

Saat haid, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi makanan yang tinggi kandungan garamnya.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyiasati konsumsi garam berlebih, seperti memilih untuk menyantap kentang panggang daripada camilan kentang goreng.

Kentang panggang diketahui mempunyai kadar garam lebih rendah dari kentang goreng, sehingga lebih tepat dijadikan cemilan saat lapar.

Alkohol

Jika tidak ingin memperburuk gejala PMS (Premenstrual Syndrome), Anda disarankan untuk menghindari makanan atau minuman beralkohol sebelum atau saat haid.

Selain itu, alkohol dapat membuat kamu lebih sensitif, kelelahan, gelisah, cepat marah, hingga sakit kepala. Ini karena kandungan ini dapat menyebabkan kadar gula darah menurun, makanya tidak dilarang.

Lemak

Jenis makanan berlemak memang dapat menyebabkan perut kembung saat haid, maka sebaiknya dihindari.

Beberapa jenis makanan berlemak yang sebaiknya tidak dimakan selama periode tersebut adalah makanan bersantan, daging asap, keju, kue kering, sosis dan sebagainya. Membatasi makanan-makanan tersebut dapat mengurangi sakit perut selama haid.

Daging Merah

Rahim yang berkontraksi dan mengeluarkan darah saat menstruasi disebabkan oleh produksi hormon prostaglandin.

Nah, jika tubuh terlalu banyak memproduksinya, inilah yang dapat menyebabkan kram perut. Lalu apa hubungannya dengan daging merah?

Daging merah mengandung zat besi sekaligus prostaglandin, sehingga kram perut yang kamu rasakan akan semakin parah bila mengkonsumsi makanan ini.  

Makanan Pedas

Makan makanan pedas berlebih dapat menyebabkan gejala diare dan sakit perut bagi orang yang tak terbiasa. 

Sebaiknya jangan mencoba makanan ini saat haid jika kamu termasuk orang yang tidak tahan dengan makanan pedas. Karena dikhawatirkan dapat membuat perut sakit dan memperparah gejala kram perut.

Produk olahan Susu

Kram menstruasi dapat dipicu oleh asam arakidonat yang terdapat dalam produk olahan susu. Jadi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh kaum hawa saat atau menjelang periode tersebut.

Tips Mengontrol Nafsu Makan Saat PMS

Keinginan makanan berlebih saat PMS biasanya terjadi selama beberapa hari saja dan akan menurun setelah periode tersebut berlangsung. Supaya nafsu makankamu tetap terkontrol, kami pnya beberapa tips yang harus dilakukan:

  • Mengunyah makanan secara perlahan.
  • Mengelola stres dengan baik sehingga tidak memicu keinginan untuk makan lebih banyak.
  • Mencatat setiap makanan yang dikonsumsi per hari untuk mengetahui jumlah kalori yang masuk ke tubuh.
  • Mengalihkan rasa ingin makan dengan makan permen karet atau minum air putih.
  • Memperbanyak asupan makanan berserat seperti gandum utuh, polong-polongan, kacang-kacangan, sayur, dan buah.
Baca Juga:  Tips Cerdas Investasi Reksa Dana yang Aman Bagi Milenial

Jadi, para wanita lebih disarankan untuk mengkonsumsi makanan alami yang kaya serat dan mudah dicerna daripada makan atau buah yang tidak boleh dimakan saat haid di atas. 

Temukan artikel menarik lainnya di topik: makanan sehat, panduan hidup sehat

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru